Rabu, 25 Juni 2014

Situasi keadaan dibalik Negara yang sibuk

PETA PEREKONOMIAN HONG KONG

Geografis
Secara fisik Hong Kong memang hanya sebuah pulau (kepulauan) kecil, seperti judul diatas, negara kecil dengan otak yang besar . Kalau seluruh pulau yang ada yang jumlahnya mencapai 230-an itu dikumpulkan dan dihubungkan satu sama lain maka luasnya tidak akan menyamai Pulau Jawa. Bila kita melihat peta Cina (daratan) maka Hong Kong hanya merupakan sebuah titik yang tidak menuntut perhatian; bahkan titik Hong Kong akan terlihat menyatu dengan daratan.
Cina yang sangat luas itu. Di peta tersebut huruf untuk menulis nama Hong Kong jauh lebih besar dari luas wilayah Hong Kong itu sendiri. Secara geografis Hong Kong terletak di Lautan Cina Selatan; di sebelah tenggara Cina Daratan. Pada sebelah barat daya "negara" ini ada "negara" Macau yang status politiknya sangat mirip dengan Hong Kong; sementara itu di timur laut ada Negara Taiwan yang juga memiliki persoalan politik yang agak mirip.Secara fisik-geografis antara Hong Kong, Macau dan Taiwan banyak memiliki kesamaan.
Secara geografis Hong Kong merupakan negara dengan banyak pulau atau 'islands country' (bandingkan dengan Indonesia, Jepang, Philipina, dan Taiwan). Hong Kong terbangun dari 232 pulau besar dan kecil; tiga diantaranya pulau besar, masing-masing adalah Pulau Utama (Main Island) yang merupakan "bagian" dari Cina Daratan, Pulau Lantau, dan Pulau Hong Kong. Kalau secara geografis memiliki tiga pulau besar maka secara administratif Hong Kong memiliki lima wilayah; masing-masing adalah Kowloon, saikung Peninsula, New Territories, Hong Kong Island dan Lantau. Tiga wilayah yang pertama terletak di Pulau Utama.

Mata Pencaharian
Menurut statistik Bea Cukai China, Hong Kong adalah mitra dagang terbesar kedua dari daratan Cina setelah AS, akuntansi untuk 9,6% dari total perdagangan pada tahun 2013. Hong Kong adalah sumber terbesar dari investasi langsung luar negeri di daratan Cina. Pada akhir tahun 2013, di antara semua proyek luar negeri yang didanai disetujui di daratan Cina, 44,3% terikat dengan kepentingan Hong Kong. Kumulatif capital inflow dimanfaatkan dari Hong Kong sebesar US $ 664.600.000.000, akuntansi untuk 47,7% dari total nasional.
Hong Kong disebut juga sebagai Pusat Regional karena..

Sebuah tempat yang populer untuk hosting kantor pusat regional atau kantor perwakilan.
Hong Kong adalah tempat yang populer untuk hosting kantor pusat regional atau kantor perwakilan bagi perusahaan multinasional untuk mengelola bisnis mereka di Asia Pasifik, terutama daratan Cina. Berdasarkan survei pemerintah, pada Juni 2013, ada 3.835 kantor pusat regional (RHQs) dan kantor regional (ROs) di Hong Kong yang mewakili perusahaan induknya di luar Hong Kong, meningkat sekitar 20% dari satu dekade lalu.

Sebuah hub telekomunikasi terkemuka untuk kawasan Asia-Pasifik
Hong Kong adalah hub telekomunikasi terkemuka untuk kawasan Asia-Pasifik. Tingkat penetrasi telepon tetap dan broadband rumah tangga perumahan telah melebihi 100% dan 80% masing-masing. Pelanggan mobile di Hong Kong telah melebihi 17 juta, dimana 70% adalah pelanggan mobile 2.5G dan 3G/4G, lebih dari dua kali lipat jumlah penduduk di Hong Kong. Sekarang ada lebih dari 20.000 masyarakat titik akses Wi-Fi.

Sebuah pusat RMB lepas pantai utama
Sejak diperkenalkannya Skema RMB Trade Settlement Pilot oleh Pemerintah Pusat pada bulan Juli 2009, Hong Kong telah berhasil memperluas bisnis RMB dengan menawarkan sejumlah produk dan jasa keuangan RMB-mata, termasuk trade finance, saham, obligasi dan dana. Sejak debut skema, pengiriman uang lintas batas negara terkait mencapai RMB8.7 triliun dan deposito RMB di Hong Kong telah melonjak lebih dari sepuluh kali lipat untuk RMB860 miliar pada akhir 2013. 

Pasar saham terbesar kedua di Asia, terbesar keenam di dunia
Pada akhir 2013, pasar saham Hong Kong peringkat kedua terbesar di Asia dan terbesar keenam di dunia dalam hal kapitalisasi pasar. Hong Kong juga merupakan terbesar kedua pusat ekuitas swasta di Asia, mengelola sekitar 19% dari total pool modal di wilayah tersebut pada akhir 2013.

Terbesar ketiga pasar valuta asing di Asia, yang kelima di dunia
Hong Kong adalah perbankan dan keuangan pusat penting di Asia Pasifik. Menurut Bank for International Settlements, Hong Kong adalah yang terbesar pasar valuta asing ketiga di Asia dan terbesar kelima di dunia, dengan omset harian bersih transaksi forex mencapai US $ 275 miliar pada 2013.

Sumber daya manusia
Populasi Hong Kong adalah sekitar 7,15 juta pada tahun 2012. Orang-orang keturunan Cina terdiri dari sebagian besar penduduk, dengan warga negara asing yang terdiri dari 8%.
-Kepadatan penduduk: 6 620 orang per kilometer persegi
-Angka kelahiran kasar: 12,8 per 1000
-Persentase penduduk keturunan Tionghoa: 92%
-Kelompok nasional penting lainnya

Investasi
Hong Kong merupakan pasar yang sangat menarik bagi investasi asing langsung (FDI). Menurut UNCTAD World Report Investasi 2013, arus masuk FDI global Hong Kong di peringkat ketiga pada tahun 2012, setelah AS (US $ 167.600.000.000) dan China (US $ 121.100.000.000). Dengan latar belakang penurunan global dalam investasi, FDI mengalir ke Hong Kong melebihi US $ 75 miliar pada 2012, dibandingkan dengan revisi US $ 96 miliar pada tahun 2011. Di sisi lain, Hong Kong merupakan sumber terbesar ketiga FDI di Asia setelah Jepang dan China, dengan arus keluar FDI sebesar US $ 84 miliar pada tahun 2012.
Menurut survei pemerintah, jumlah saham Hong Kong investasi langsung ke dalam diperkirakan mencapai US $ 1.237 miliar pada akhir 2012, beberapa 4,7 kali dari PDB pada tahun itu. Salah satu fitur yang berbeda dari investasi langsung tersebut adalah penyaluran langsung dari ibukota dari perusahaan non-operasi di negara surga pajak. Terhadap latar belakang ini, British Virgin Islands, Belanda dan Bermuda menyumbang 32,7%, 7% dan 6,4% dari total saham investasi langsung ke dalam tahun 2012. Bahkan termasuk ekonomi surga pajak, daratan Cina adalah sumber yang paling penting dari investasi langsung di Hong Kong (akuntansi untuk 37% dari total). Sumber utama lainnya termasuk Amerika Serikat (3,1%) dan Singapura (2,1%). Mayoritas saham investasi terkait dengan industri jasa termasuk investasi dan holding, real estate, profesional dan layanan bisnis; perbankan; dan impor / ekspor, grosir dan eceran perdagangan.


STRUKTUR PRODUKSI DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KEMISKINAN

Pendapatan Nasional

Produk Domestik Bruto (PDB) dan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) (sebelumnya dikenal sebagai Produk Nasional Bruto (GNP) 1) adalah statistik inti dalam Neraca Nasional. Mereka berdua indikator ekonomi yang penting dan berguna untuk menganalisis situasi ekonomi secara keseluruhan dari suatu negara atau wilayah, dengan mantan sangat berguna untuk mencerminkan tingkat produksi, dan yang kedua untuk pendapatan agregat penduduk.
Statistik GDP disusun sejak tahun referensi tahun 1961 sedangkan pada GNI sejak tahun referensi 1993.
Seri PDB selama tiga tahun terakhir dapat berubah rutin sebagai data yang lebih menjadi tersedia.
Selain ini, itu adalah sebuah praktek yang didirikan Departemen Sensus dan Statistik untuk melakukan latihan revisi teknis non-rutin dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas statistik PDB Hong Kong dengan sesuai menggabungkan konsep-konsep baru dan sumber data serta meningkatkan estimasi metode mana yang berlaku. Dalam latihan revisi non-rutin, seluruh rangkaian GDP dan komponen-komponennya dapat dikenakan revisi sesuai dengan lingkup latihan yang bersangkutan.
Produk Domestik Bruto
PDB adalah ukuran dari nilai total produksi semua warga memproduksi unit ekonomi dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun atau seperempat), sebelum dikurangi konsumsi modal tetap.
PDB per kapita dari ekonomi diperoleh dengan membagi total PDB dalam satu tahun oleh penduduk dari perekonomian yang pada tahun yang sama.
GDP dapat diukur dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Di Hong Kong, PDB dikompilasi dengan menggunakan "pendekatan pengeluaran" dan "pendekatan produksi".
PDB menurut komponen pengeluaran
Melalui pendekatan pengeluaran, PDB dikompilasi sebagai total belanja akhir atas barang dan jasa (termasuk pengeluaran pribadi konsumsi, pengeluaran konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap domestik bruto, perubahan inventori dan ekspor barang dan jasa), impor kurang barang dan jasa.
Pendapatan Nasional Bruto
GNI adalah ukuran dari total pendapatan yang diperoleh oleh penduduk suatu perekonomian terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi, terlepas dari apakah kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam wilayah ekonomi ekonomi atau di luar.Dengan kata lain, dalam menyusun GNI, pendapatan yang diperoleh oleh penduduk dari terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi dalam atau di luar wilayah ekonomi yang disertakan, sedangkan pendapatan yang diperoleh oleh non-penduduk terlibat dalam kegiatan ekonomi dalam wilayah ekonomi dikecualikan.
GNI dihitung sebagai berikut:
GNI = GDP + arus penghasilan utama eksternal Net
= GDP + penghasilan Primer yang diperoleh oleh penduduk dari luar wilayah ekonomi
- Pendapatan Primer didapatkan oleh non-penduduk dari dalam wilayah ekonomi
Per kapita PNB perekonomian diperoleh dengan membagi GNI dalam setahun oleh penduduk dari perekonomian yang pada tahun yang sama.
Penghasilan utama terdiri dari pendapatan investasi dan kompensasi karyawan (CE). Pendapatan investasi termasuk pendapatan investasi langsung (DII), pendapatan investasi portofolio (PII) dan pendapatan investasi lainnya (OII) serta pendapatan aset cadangan (RA).

Hong Kong Gross National Income

Kemiskinan

Kemiskinan dalam angkatan kerja - nasib "pekerja miskin" - adalah sebuah isu yang Oxfam Hong Kong telah menangani selama bertahun-tahun melalui penelitian, advokasi, pendidikan publik dan dukungan untuk proyek-proyek masyarakat. Kita melihat bahwa di antara jajaran pembengkakan miskin dan hampir miskin,orang-orang yang telah bekerja keras sepanjang hidup mereka, tetapi masih belum dapat memastikan standar yang layak hidup bagi keluarga mereka. Pemerintah menghidupkan kembali Komisi Kemiskinan (CoP) untuk mengatasi masalah mata pencaharian dari Hong Kong miskin, yang meliputi pekerja miskin, orang tua,anak-anak, perempuan dan etnis minoritas. Oxfam Hong Kong telah lama khawatir tentang ini lima kelompok yang kurang beruntung dan, melalui penelitian dan advokasi, telah mengusulkan berbagai pengentasan kemiskinan mengukur ke CoP dan pemerintah.
Menggunakan data dari Departemen Sensus dan Statistik, Oxfam menemukan bahwa situasi keluarga pekerja miskin Hong Kong telah terus-menerus memburuk selama 10 tahun terakhir. Ini telah menyimpulkan bahwa perubahan sangat dibutuhkan dan karena itu telah ditetapkan usulan kebijakan untuk Hong Kong
Karena pemerintah tidak pernah menetapkan garis kemiskinan, evaluasi atas langkah-langkah anti-kemiskinan berfokus pada jumlah pemohon dan penerima manfaat. Tidak menggunakan pengurangan kemiskinan sebagai indikator untuk mengevaluasi kebijakan - yaitu, untuk menentukan berapa banyak orang yang terangkat dari kemiskinan melalui kebijakan pengentasan kemiskinan. Dengan demikian tidak diketahui apakah kebijakan tersebut efektif. Pada bulan Oktober 2012,pemerintah mengumumkan bahwa Komisi Kemiskinan akan merumuskan kemiskinan garis resmi. Ini merupakan langkah penting dalam mengurangi kemiskinan karena dua alasan: pertama, garis kemiskinan yang jelas memungkinkan untuk secara akurat mengukur jumlah dan menentukan karakteristik masyarakat miskin populasi, untuk secara efektif menargetkan kelompok tertentu dan mencegah orang-orang di ambang kemiskinan dari jatuh ke dalam perangkap kemiskinan. Kedua, ia menyediakan sarana pemantauan apakah pemerintah kebijakan pengentasan kemiskinan yang benar-benar mengurangi populasi miskin.
Setelah menetapkan garis kemiskinan, pemerintah juga harus menetapkan pengurangan kemiskinan sebagai salah satu indikator untuk mengevaluasi kebijakan-kebijakannya. Selain itu, harus menetapkan tujuan mengurangi populasi miskin dengan persentase tertentu dalam jangka waktu tertentu, dan secara teratur memantau efektivitas kerja anti-kemiskinan.

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA

Hong Kong Daerah Administratif Khusus dipegang dengan wewenang untuk memeriksa dan menyetujui anggaran diperkenalkan oleh Pemerintah berdasarkan Pasal 73 Undang-Undang Dasar.
Pengaturan untuk pengajuan perkiraan tahunan pendapatan dan pengeluaran Pemerintah kepada Dewan Legislatif untuk persetujuan yang ditetapkan dalam Peraturan Keuangan Publik (Pasal 2) yang menyediakan untuk kontrol dan pengelolaan keuangan publik dari Hong Kong .Sekretaris Keuangan dapat mengusulkan perubahan Perkiraan disetujui Pengeluaran kepada Komite Keuangan untuk mendapatkan persetujuan.
Anggaran 
Setiap tahun, Sekretaris Keuangan meletakkan sebelum perkiraan Dewan Legislatif Pemerintah pendapatan dan pengeluaran.Dia menyampaikan pidato anggaran tahunan pada pertemuan Dewan Legislatif, menguraikan proposal anggaran Pemerintah dan memindahkan Reading Kedua RUU Peruntukan, yang memberikan efek hukum untuk proposal pengeluaran tahunan yang terkandung dalam Anggaran.
Setelah gerakan untuk Reading Kedua RUU Peruntukan telah diusulkan di Dewan, diatasnya debat ditunda. Usulan pengeluaran dalam APBN, dikonsolidasikan dalam Perkiraan Pengeluaran, mungkin dirujuk oleh Presiden kepada Komite Keuangan untuk pemeriksaan rinci sebelum pertimbangan RUU Peruntukan di Dewan.
Komite Keuangan mengadakan perteuan khusus untuk memeriksa para Perkiraan Pengeluaran untuk memastikan bahwa ketentuan dicari tidak lebih dari yang diperlukan untuk pelaksanaan kebijakan yang disetujui. Ini pertemuan khusus biasanya diadakan di depan umum dan dilakukan sesuai dengan Paragraf 49-53 dari Prosedur Komite Keuangan. Setelah pertemuan khusus, Ketua Komite Keuangan menyajikan sebuah laporan kepada Dewan.
Setelah dimulainya kembali perdebatan tentang Reading Kedua RUU Peruntukan, Anggota dapat berbicara tentang keadaan keuangan dan ekonomi Hong Kong dan prinsip-prinsip umum kebijakan dan administrasi seperti yang ditunjukkan oleh Bill Peruntukan dan Perkiraan pemerintah. Untuk memungkinkan semua anggota memiliki kesempatan untuk berbicara pada Bill, Dewan mengadakan pertemuan pada dua hari berturut-turut. Pemerintah merespon pidato Members 'pada pertemuan berikutnya, di mana anggota akan memberikan suara pada Reading Kedua RUU. Amandemen RUU, jika ada, harus sesuai dengan Peraturan 69 dari Aturan Prosedur dan dibahas dalam panitia seluruh Dewan setelah Reading Kedua RUU. Bill dilewatkan ketika menerima Reading Ketiga.
Proposal Pendapatan
Usulan pendapatan yang dibuat oleh Sekretaris Keuangan dalam pidato anggarannya diperkenalkan dalam bentuk tagihan atau undang-undang anak untuk dipertimbangkan oleh Dewan Legislatif. Untuk melindungi pendapatan publik, Chief Executive memiliki kekuatan di bawah Proteksi Pendapatan Ordonansi (Pasal 120) untuk membuat perintah perlindungan pendapatan publik untuk memberikan efek langsung ke tagihan tersebut atau undang-undang anak.
Proposal Keuangan Lainnya
Selama tahun berjalan, Sekretaris Keuangan dapat mengusulkan kepada perubahan Komite Keuangan untuk disetujui Perkiraan Pengeluaran. Proposal ini dianggap pada pertemuan rutin Komite Keuangan atau, jika mereka berhubungan dengan pekerjaan umum atau hal-hal pendirian, dianggap awalnya oleh subkomite yang relevan dari Komite Keuangan sebelum disampaikan kepada Komite Keuangan untuk mendapatkan persetujuan.
Penutupan Rekening
Pengeluaran yang timbul dari perubahan apapun untuk Perkiraan disetujui Pengeluaran dibebankan pada kepala pengeluaran yang relevan. Pada penutupan rekening untuk setiap tahun anggaran, jika ditemukan bahwa pengeluaran yang dibebankan pada setiap kepala adalah lebih dari jumlah dialokasikan untuk kepala yang oleh Ordonansi Pembentukan tahun itu, kelebihan tersebut harus dimasukkan dalam RUU Peruntukan Tambahan yang harus diperkenalkan kepada Dewan Legislatif sesegera mungkin setelah penutupan tahun buku.

Hong Kong Government Budget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar