Senin, 18 November 2013

BAB 1



Tugas pengantar bisnis

Nama    : ajeng risky
Npm      : 20213516
Kelas    : 1eb17



 






Universitas gunadarma
2013


PENDAHULUAN

Dalam ilmu ekonomi, perusahaan adalah suatu satuan ekonomi  yang bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat guna memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya terdapat berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap perusahaan pada umumnya, yakni bagaimana perusahaan dapat mengatur mengenai proses manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengontrolan.
Secara umum,Mengapa kita belajar bisnis?, dikarenakan kini kita telah sedikit mengetahui peran bisnis dalam usaha,kita perlu belajar, memahami dan mengimplementasikan mengenai etiket dalam berbisnis, strategi dalam berbisnis, aturan-aturan dalam berbisnis dan kode etik perusahaan agar dalam berbisnis nanti kita dapatmenjalankan bisnis itu sesuai aturan .

TEORI TEORI

Berikut akan dijelaskan mengenai teori-teori Ruang Lingkup Bisnis.


       


Bab 1

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang bayak.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Tujuan kebijakan bisnis

A. Melindungi Usaha Kecil Menengah (UKM
B. Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
C. Melindungi konsumen
D. Pendapatan Negara

Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

SISTEM PEREKONOMIAN


Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.


1.     Perekonomian terencana

perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme:
-sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
-sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah


2.    Perekonomian pasar

perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
-Sistem perekonomian kapitalis

  Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian

-Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik

Kesempatan bisnis /usaha


Dalam peluang bisnis ini banyak hal yang harus ditangani seperti contoh

peluang bisnis dalam lingkungan masyarakat.Banyak masyarakat luas

yang belum mendapatkan pekerjaan atau dapat dikatakan

penggangguran,padahal sebenarnya dalam lingkungan masyarakat

terdapat banyak peluang usaha yang ada.Dalam lingkungan masyarakat
banyak peluang yang ada misalnya peluang usaha dapat diciptakan
melalui keahlian seseorang atau penggalaman seseorang,serta dapat
diciptakan melalui bakat yang telah ada. 
Peluang usaha dalam lingkungan masyarakat banyak hal yang bisa
diciptakan seperti penjelasan diatas,bahwa lingkungan tersebut banyak
peluang yang bisa dijadikan sebuah usaha/bisnis.


Unsur-Unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi


1. Keinginan Manusia

Keinginan manusia timbul karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupannya. Dilihat dari kebutuhannya, keinginan manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
  • Keinginan pokok adalah keinginan yang pasti dipenuhi oleh setiap manusia dan merupakan kebutuhan utama. Contohnya seperti : setiap manusia memerlukan makanan, yempat tinggal, dan pakaian (biasa disebut sandang, pangan, papan).
  • Keinginan tambahan adalah keinginan selain keinginan pokok. Contohnya seperti : mobil, motor, handphone, dll.

2. Sumber-Sumber Daya

Pengertian sumber daya adalah suatu nilai yang memiliki potensi atau unsur dalam kehidupan. Sumber daya dapat berupa fisik dan non fisik. Sumber daya dapat berubah ataupun hilang , dapat juga kekal. Selain itu sumber daya juga dapat pulih atau terbarukan dan tidak terbarukan. Sumber daya yang dapat pulih contohnya tanaman dan hewan (sumber daya hayati).

3. Cara-Cara Berproduksi

Pada umumnya pembuatan suatu barang merupakan diluar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang atau jasa-jasa yang harus diproduksi, berapa banyak yang harus diproduksi , dan cara apa yang dilakukan untuk memproduksi barang maupun jasa dengan meminimalkan pembiyaan merupakan bidang ekonomi dan harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.

HAKIKAT BISNIS


Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.


Karakteristik Profesi Bisnis

Menurut Keraf (dalam rindjin, 2004:63) suatu profesiyang diperlukan dan dihargai mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.     Seseorang memiliki keahlian , kemampuan dan ketrampilan khusus yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang membentuk profesinya,yang membedakannya dengan orang lainnya .
2.    Terdapat kaedah dan standar moral. pada setiap profesi ada peraturan yang menentukan bagaimana profesi itu diajalankan.
3.    Seseorang perlu memiliki ijin khusus atau lisensi untuk  bisa menjalankan suatu profesi. Hal ini dimaksudkanuntuk melindungi profesi tersebut dari orang-orang yangtidak profesional .
4.    memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengapa harus belajar bisnis?


Tujuan belajar bisnis adalah karena di setiap negara pasti kita menemukan orang yang berbisnis karena zaman sekarang zaman orang banyak menjalani bisnis.Apalagi di I ndonesia banyak perusahaan-perusahaan besar yang bersaing kepada perusahaan lain untuk menawarkan produknya barang atau jasa kepada konsumen dengan harga yang relatif murah dan berkualitas. Maka dari itu kita juga harus bisa mengerti bisnis,Tanpa mengerti bisnis kita akan ketinggalan oleh orang lain. Dalam bisnis juga kita dapat mendapatkan manfaat seperti waktu,planing,mengambil keputusan,dll. Setiap orang berbisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu: sumber daya materi, sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya informasi. Maka dari itu belajar berbisnis itu sangat penting sekali bagi kita.





Analisis

Suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.

REFERENSI













Tidak ada komentar:

Posting Komentar