Rabu, 24 Desember 2014

EKONOMI KOPERASI

TUGAS SOFTSKILL 7


 PARAGRAF TENTANG PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA


PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA

“Dalam awal perkembangannya,koperasi dipandang dengan sebelah mata, bahkan tidak jarang menjadi alternatif nomor sekian dari bentuk badan usaha ekonomi. Namun koperasi mampu menjadi alternatif nomor satu dalam membantu mengembangkan perekonomian nasional. Pertumbuhan koperasi di manca negara juga berkembang sangat pesat. Bahkan banyak negara-negara yang sudah maju dalam mengembangkan koperasi di negaranya.” (Sudarsono , 2006)
“Struktur organisasi koperasi Indonesia mirip organisasi pemerintah atau lembaga kemasyarakatan yang terstruktur dari primer sampai tingkat nasional. Hal ini  telah menunjukkan kurang efektif nya peran organisasi sekunder dalam membantu koperasi primer. Tidak jarang menjadi instrumen eksploitasi sumber daya dari daerah pengumpulan. Fenomena ini dimasa datang harus diubah karena adanya perubahan orientasi bisnis yang berkembang dengan globalisasi. Untuk mengubah arah ini hanya mampu dilakukan bila penataan mulai diletakkan pada daerah otonom.” (Sudarsono , 2006)
“Corak koperasi Indonesia adalah koperasi dengan skala sangat kecil. Pengembangan koperasi di Indonesia yang telah digerakan melalui dukungan kuat program pemerintah yang telah dijalankan dalam waktu lama dan tidak mudah ke luar dari lingkungan pengalaman tersebut.Agar koperasi tumbuh dan berkembang dengan baik,perlu pembinaan dari pemerintah. Pemerintah harus berusaha menciptakan dan mengembangkan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan permasyarakatan koperasi.” (Deliarnov, 2007:2)

Daftar pusaka:
Sudarsono (2006). Koperasi Dalam Teori dan Praktek, Jakarta.
Deliarnov (2007). EKONOMI : - Jilid 2, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar